Apakah yang dimaksud Perluasan merek?

Apa Itu Brand Extension?

Perluasan merek adalah ketika perusahaan menggunakan salah satu nama mereknya yang sudah mapan pada produk baru atau kategori produk baru. Terkadang dikenal sebagai peregangan merek. Strategi di balik perluasan merek adalah dengan menggunakan ekuitas merek perusahaan yang sudah mapan untuk membantunya meluncurkan produk terbarunya. Perusahaan mengandalkan loyalitas merek pelanggan saat ini, yang diharapkan dapat membuat mereka lebih mudah menerima penawaran baru dari merek yang sama. Jika berhasil, perluasan merek dapat membantu perusahaan mencapai demografi baru, memperluas basis pelanggannya, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan margin laba secara keseluruhan .

POIN PENTING

  • Perluasan merek adalah pengenalan produk baru yang mengandalkan nama dan reputasi produk yang sudah mapan.
  • Perluasan merek berfungsi ketika produk asli dan baru memiliki kesamaan kualitas atau karakteristik yang dapat segera diidentifikasi oleh konsumen.
  • Ekstensi merek gagal jika produk baru tidak terkait dengan aslinya, dipandang sebagai ketidakcocokan, atau bahkan menciptakan asosiasi negatif.

Cara Kerja Ekstensi Merek

Perluasan merek memanfaatkan reputasi, popularitas, dan loyalitas merek yang terkait dengan produk terkenal untuk meluncurkan produk baru. Agar berhasil, harus ada asosiasi logis antara produk asli dan item baru. Asosiasi yang lemah atau tidak ada dapat mengakibatkan efek sebaliknya, pengenceran merek. Ini bahkan bisa merugikan merek induk .

Perluasan merek yang sukses memungkinkan perusahaan untuk mendiversifikasi penawaran mereka dan meningkatkan  pangsa pasar . Mereka dapat memberi perusahaan keunggulan kompetitif dibandingkan para pesaingnya yang tidak menawarkan produk serupa. Merek yang sudah ada berfungsi sebagai alat pemasaran yang efektif dan murah untuk produk baru.

Apple (AAPL) adalah contoh perusahaan yang memiliki sejarah efektif menggunakan strategi perluasan merek untuk mendorong pertumbuhan. Dimulai dengan komputer Mac yang populer, perusahaan telah memanfaatkan mereknya untuk menjual produk dalam kategori baru, seperti yang dapat dilihat pada iPod, iPad, dan iPhone

Perusahaan yang berhasil memperluas merek mereka sering dikatakan mendapat manfaat dari efek halo , yang memungkinkan mereka memanfaatkan persepsi positif konsumen terhadap produk mereka untuk meluncurkan produk baru.

Contoh Dunia Nyata dari Brand Extension

Perluasan merek bisa sejelas menawarkan produk asli dalam bentuk baru. Misalnya, jaringan restoran Boston Market meluncurkan sederet makan malam beku dengan namanya sendiri, menawarkan hidangan serupa.

Bentuk perluasan merek lainnya menggabungkan dua produk terkenal. Es krim Breyers dengan potongan biskuit Oreo adalah pertandingan yang mengandalkan kesetiaan konsumen pada salah satu atau kedua merek asli.

Ekstensi merek juga dapat diterapkan ke kategori produk yang berbeda. Bisnis inti Google adalah mesin pencari, tetapi memiliki bermacam-macam produk dan layanan terkait non-iklan termasuk Play Store, Chromebook, Google Apps, dan Google Cloud Platform.

Dalam contoh terbaik, perluasan merek bersifat alami dan muncul dari kualitas positif yang diakui dari produk asli. Arm & Hammer memproduksi kotoran kucing penghilang bau dengan mereknya. Black & Decker membuat sederet alat mainan untuk anak. Ghirardelli Chocolate Company menjual brownies mix. Penciptaan produk pelengkap merupakan salah satu bentuk perluasan merek. Varietas dan rasa Coca-Cola yang banyak adalah contohnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *