Pengacara Bisnis

Saat memilih firma hukum untuk mewakili bisnis Anda, akan membantu untuk memahami jenis firma hukum di luar sana, dan mana yang paling sesuai untuk bisnis Anda. Berikut adalah beberapa petunjuk untuk Anda mulai.

1. Perusahaan Perusahaan

Pengacara perusahaan, dalam Metrik Hukum pengertian tradisional, biasanya bekerja untuk firma hukum menengah hingga besar, kadang-kadang disebut “pabrik hukum” oleh mereka yang ada di industri. Ketika seseorang merujuk pada kasus yang diturunkan oleh “pasukan pengacara”, mereka mungkin merujuk pada firma hukum perusahaan.

Banyak firma hukum perusahaan melakukan pekerjaan pertahanan atas nama klien perusahaan mereka. Jadi jika ABC Corporation digugat oleh konsumen sebesar $100 juta untuk produk cacat yang menyebabkan kerugian konsumen, firma hukum perusahaan akan turun tangan untuk membela perusahaan.

Mereka juga melakukan sejumlah besar pekerjaan hukum transaksional untuk klien mereka. Jenis pekerjaan khusus ini menjalankan Konsultan Hukum Indonesia keseluruhan dari proses kebangkrutan hingga negosiasi kontrak hingga pekerjaan merger dan akuisisi dan seterusnya. Pengacara perusahaan suka menagih per jam, dan jangan berharap mereka memberi Anda pandangan kedua kecuali Anda dapat menunjukkan kemampuan untuk membayar biaya mereka yang sering kali selangit.

Jika Anda adalah pemilik usaha kecil, Anda lebih baik mencari perusahaan kecil yang dapat memberi Anda perhatian yang Anda butuhkan, dan tidak terlalu peduli dengan jam kerja yang dapat ditagih untuk membayar rekanan mereka yang berharga mahal. Jika Anda adalah perusahaan besar, Anda berada dalam bisnis, karena firma hukum perusahaan berdedikasi untuk tujuan Anda.

2. Perusahaan Kecil

Meskipun Anda mungkin tidak menemukan daftar luas layanan yang akan ditawarkan oleh perusahaan besar, Anda akan menemukan bahwa perusahaan kecil cenderung berfokus pada area tertentu dan menjadi cukup mahir dalam spesialisasi pilihan mereka.

Anda juga cenderung memiliki akses yang konsisten ke manajer dan mitra tingkat atas di firma-firma ini, karena mitra sering melakukan banyak pekerjaan hukum alih-alih menyerahkannya kepada legiun pengacara tingkat bawah mereka. Berharap untuk menemukan banyak perusahaan penggugat di bidang ini. Perusahaan penggugat harus gesit, cepat, dan serbaguna. Budaya mereka kemungkinan akan lebih cocok dengan budaya Anda.

3. Perusahaan Butik

Perusahaan butik adalah perusahaan yang lebih kecil dengan fokus yang jauh lebih ketat daripada saudara non-butik mereka. Mereka disebut “butik” karena mereka melakukan satu hal dan satu hal saja, seperti salon rambut. Anda akan melihat banyak perusahaan butik mempraktikkan hukum cedera pribadi dan tidak ada yang lain.

Namun, Anda juga akan bertemu dengan perusahaan butik yang berfokus pada berbagai aspek hukum bisnis, hukum perburuhan, hukum perceraian, hukum perkebunan, dan sebagainya. Jika Anda memiliki masalah hukum tertentu dan tidak mencari seseorang untuk mewakili kepentingan umum Anda dan “apa pun yang muncul”, pertimbangkan perusahaan butik.

Fokus mereka pada satu spesialisasi tertentu sering kali berarti bahwa mereka benar-benar ahli dalam apa yang mereka lakukan. Alih-alih menjadi “jack of all trades, master of none,” mereka adalah “master” dalam apa yang mereka lakukan.

4. Praktisi Solo

Praktisi solo cenderung memiliki praktik yang terfokus secara ketat, seperti pekerjaan cedera pribadi, atau praktik umum di mana mereka “melakukan semuanya”.

Jika Anda membutuhkan pekerjaan yang sangat spesifik namun tidak terlalu rumit, seperti menggabungkan bisnis Anda, seorang praktisi solo mungkin adalah orang yang Anda inginkan. Fungsi bisnis kecil seperti pendirian perusahaan tidak memerlukan “pasukan pengacara”, dan Anda bahkan dapat melakukannya sendiri jika ingin menghemat uang.

Jika bisnis Anda tidak terlalu besar maka pertimbangkan untuk menjadi praktisi tunggal. Alasan mengapa perusahaan besar membutuhkan firma hukum besar adalah karena mereka kadang-kadang dituntut oleh banyak orang sekaligus, dan semua kasus itu membuat banyak dokumen bersama dengan daftar panjang orang yang harus ditangani pada saat yang bersamaan.

5. Poin tambahan untuk dipertimbangkan

Sebagai seorang pengacara yang telah berurusan dengan pengacara di setiap kategori di atas, saya menyarankan Anda untuk mengenal pengacara di setiap kategori. Biasanya seorang pengacara di firma tersebut akan dengan senang hati berbicara dengan Anda untuk melihat apakah mereka dapat membantu Anda, dan tidak ada salahnya untuk memperkenalkan diri Anda ke berbagai firma sebelum Anda benar-benar membutuhkan bantuan.

Misalnya, jika Anda mengantisipasi melakukan pembelian aset yang cukup besar dalam 90 hari ke depan, hubungi beberapa pengacara bisnis di kota Anda dan mengobrol selama beberapa menit tentang kebutuhan Anda yang akan datang. Beri tahu mereka bahwa Anda mungkin membutuhkan pengacara dalam waktu dekat.

Pendekatan ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan beberapa keakraban dengan pengacara tanpa tekanan waktu. Misalnya, jika Anda memiliki kontrak di meja Anda dan kontrak itu hanya berlaku selama lima hari kerja, maka Anda HARUS meminta pengacara untuk segera meninjaunya. Itu bukan saat yang tepat untuk memulai proses pencarian pengacara Anda.

Saya berharap yang terbaik dalam pencarian pengacara Anda. Ingatlah bahwa firma hukum berbeda dalam ukuran dan budaya karena layanan yang mereka tawarkan dan karena klien yang mereka layani. Juga ingat untuk mendapatkan keakraban sebelum Anda membutuhkan seorang pengacara. Dengan pemikiran ini, Anda harus memulai dengan baik.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *