Ulasan Disco Elysium – Pure Dynamite

Kenangan bisa menyakitkan. Mengingatnya dapat mengakibatkan perasaan menyesal, marah, malu, malu, dan lebih buruk. Jauh, jauh lebih buruk. Di Disco Elysium, RPG dengan narasi yang memukau, lucu, dan terkadang mengerikan, mengingat kembali memori bisa berakibat fatal. Untuk penderita amnesia, polisi beralkohol yang berjuang dengan kasus pembunuhan baru dengan detail yang sulit dipahami, dan mabuk terparah di dunia, mengingat orang yang ditemuinya menawarkan jalan untuk menebus orang yang mungkin menjadi dirinya. Lagipula, kenangan yang tidak membunuhmu membuatmu lebih kuat.

Disco Elysium hadir sebagai RPG dalam cetakan Baldur’s Gate atau Divinity: Original Sin . Memang, itu dibuka dengan anggukan kepada Planescape Torment dengan sosok setengah telanjang berbaring di atas lempengan yang dingin dan keras sebelum perlahan bangkit berdiri hanya lempengan itu yang tidak ada di kamar mayat, itu di kamar motel murah, dan sosoknya tidak baru saja mati, dia masih mabuk. Sangat sangatmabuk. Ini dilanjutkan dengan tampilan dunia dari atas ke bawah, anggota party Anda melintasi lingkungan 2D yang indah dan dilukis dengan tangan, berhenti sejenak untuk memeriksa objek dan berbicara dengan orang-orang. Ada pencarian untuk dimulai, pengalaman untuk mendapatkan, naik level, pohon dialog untuk dipanjat, dan pemeriksaan keterampilan gagal. Namun dalam berbagai cara lain secara tematis dan mekanis Disco Elysium sangat berbeda dengan RPG lainnya.

Di satu sisi, ini adalah permainan detektif. Polisi amnesia Anda dengan cepat menemukan bahwa dia ditugaskan untuk menyelidiki pembunuhan apa yang tampak seperti hukuman mati di kota kecil di tepi pantai. Anda dan pasangan baru Anda, Kim Kitsuragi yang tak tergoyahkan dan selalu sabar, pada awalnya memeriksa tubuh, mewawancarai calon saksi, dan umumnya mengumpulkan petunjuk untuk mengidentifikasi korban dan melacak pelaku. Dimainkan secara langsung, ada kepuasan yang sangat teliti dalam mengambil peran sebagai polisi menurut buku. Anda dapat memarahi tersangka tentang gerakan mereka pada malam pembunuhan dan mencari celah dalam cerita mereka tentang apa yang mereka lihat. Anda dapat menelepon ke kantor polisi dan meminta mereka mengambil informasi lebih lanjut tentang petunjuk yang telah Anda temukan dan, jika ada sesuatu yang terlupakan oleh otak Anda yang mabuk alkohol.

Tentu saja, Anda tidak harus bermain lurus. Disco Elysium menyediakan sejumlah pilihan yang mengejutkan, membiarkan Anda memilih dan memainkan peran jenis polisi memang, tipe orangnya detektif amnesia Anda akan mengingat dirinya sendiri. Karena itu, Anda dipersilakan untuk keluar dari kamar motel Anda yang menyebalkan dengan hanya memakai satu sepatu, dan Anda dapat memberi tahu manajer bahwa Anda tidak membayar untuk kamar itu, atau kerusakan yang Anda sebabkan, dan dia bisa terus terang pergi. mengencangkan dirinya sendiri. Dengan caranya yang sangat kering, Kim akan mengatakan bahwa ini bukanlah perilaku yang tepat, tetapi dia juga tidak akan menghentikan Anda untuk menemukan kembali diri Anda sebagai polisi superstar yang sombong, polisi brengsek yang kasar, polisi nihilistik yang malang, polisi yang meminta maaf yang ceroboh, seorang polisi yang malu. polisi yang bertobat, atau kombinasi temperamen darinya.

Bahkan selama apa yang bisa dianggap kerja kasus hafalan, Disco Elysium memberikan begitu banyak kesempatan untuk mengekspresikan diri. Ada adegan di mana Anda dan Kim melakukan otopsi; sementara Kim mengotori tangannya, saya memilih untuk mengurus dokumennya. Ini sangat panjang bolak-balik antara dua polisi, Anda mendorong dia melalui pohon dialog instruksi langkah demi langkah dan mengisi bagian yang tepat dari formulir, dan Kim menyuarakan pengamatannya saat dia memeriksa tubuh. Adegan ini, yang harus dikeringkan secara agresif, malah ditulis dengan indah, kreatif dan menghibur, setiap pilihan opsi dialog baru memberi Anda keputusan kecil tentang cara memainkan sesuatu apakah Anda setuju dengan penilaian Kim atau mencoba berdebat dengannya, atau apakah kamu hanya membuat lelucon saja? Dan setiap detail yang Anda baca tentang Kim.

Rangkaian lengkap spektrum nada permainan ditampilkan dalam satu adegan ini. Ada kilasan persahabatan yang mengejutkan saat Anda dan Kim mengangguk dengan hormat pada wawasan satu sama lain. Ada humor lucu saat Anda mengolok-olok birokrasi yang membutuhkan formulir otopsi yang berbelit-belit, dan lelucon kasar saat Anda meminta Kim memeriksa ulang apakah dia melewatkan sesuatu di dalam pakaian dalam orang mati itu. Ada nada yang lebih suram yang dilanda oleh deskripsi yang kadang-kadang menjijikkan dari keadaan pembusukan tubuh, dan berulir di seluruh adalah akumulasi petunjuk yang memuaskan, misteri sentral menyusut dan meluas saat informasi baru menjawab pertanyaan dan menanyakan lebih lanjut, selengkapnya seputar dunia game, teknologi, dan komputer di Berita Gadget.

Tapi Disco Elysium bukan hanya permainan detektif yang terpuji. Ini adalah permainan yang sangat politis yang menangani masalah ideologi, hak istimewa, rasisme, dan kelas dengan cara yang bijaksana dan provokatif. Kota kecil di tepi pantai tempat Anda dipanggil sebenarnya adalah distrik kelas pekerja Revachol yang terabaikan, sebuah kota yang dibangun untuk “menyelesaikan sejarah” setelah revolusi komunis yang gagal yang sekarang diatur oleh koalisi negara asing.

Pembunuhan yang Anda selidiki pada awalnya tampaknya terkait dengan perselisihan perburuhan selama berbulan-bulan. Negosiasi antara serikat pekerja dan para pemimpin perusahaan menemui jalan buntu, para pekerja yang mogok telah menutup pelabuhan, buruh keropeng piket di jalan-jalan, dan transportasi jalan masuk dan keluar kota terhenti. Yang lebih mendarah daging adalah kenangan menyakitkan dari perang yang pertama kali memenggal monarki Revachol dan kemudian menggagalkan revolusi, dan kegelapan yang masih ada dari kebencian rasial berusia berabad-abad yang dipicu oleh “kecemasan ekonomi” dari perubahan industri. Ini adalah keadaan yang luar biasa dan bernuansa ketegangan tinggi, kekerasan terasa tak terhindarkan, dan masa depan Revachol tidak pernah terasa lebih tidak pasti. Dengan berbagai cara lain secara tematis dan mekanis Disco Elysium sangat berbeda dengan RPG lainnya.

Kasus yang Anda kerjakan bersinggungan dengan argumen politik kota. Menjelajahi seluk-beluk seperti itu bisa jadi rumit, meskipun kesombongan amnesia memberi Anda alasan yang baik untuk menanyakan apa yang mungkin tampak seperti pertanyaan mendasar. Anda diberi kesempatan untuk bersimpati atau menolak berbagai pandangan politik, dan statistik karakter Anda sebenarnya melacak seberapa komunis, fasis, ultraliberal, atau moralis Anda. Ada pendekatan lidah di pipi di sini, karena ketika Anda diberi pilihan untuk mendukung ideologi pilihan Anda itu, tanpa kecuali, versi yang sangat ekstrim. Jalan moderat tidak ada ruang untuk pilihan publik, semua komunis melompat langsung ke tahap “makan orang kaya”.

Memang, Disco Elysium tidak terlalu tertarik dengan ideologi biner tipikal yang dieksplorasi di sebagian besar RPG. Itu mengolok-olok ekstremisme dan pada saat yang sama menegur Anda untuk setiap upaya mundur ke sentrisme yang tidak berkomitmen, dan bahkan kurang tertarik untuk mencoba menghindari politik. Sebaliknya, ia ingin Anda fokus pada dinamika kekuasaan yang menyusun masyarakat dan perubahan sistemik yang diperlukan untuk memperbaiki ketidakadilan dalam hubungan tersebut. Ini adalah permainan dengan sudut pandang yang spesifik, jika kompleks, dan tidak takut untuk mengingatkan Anda tentangnya bahkan ketika itu menyisakan ruang bagi Anda untuk mengeksplorasi ide-ide lain.

Inti dari semua ideologi ini adalah masalah hak istimewa Anda. Disco Elysium tetap sangat sadar bahwa Anda berperan sebagai pria paruh baya, heteroseksual, kulit putih seorang polisi, tidak kurang dan fakta itu memberinya hak istimewa yang lebih tinggi untuk mengekspresikan dirinya. Anda dapat menemukan kembali diri Anda sendiri, untuk memilih menjadi tipe orang ini atau itu, tanpa banyak akibatnya, menyimpan pandangan aneh yang tidak setuju dari Kim. Sementara itu, banyak karakter yang Anda temui tidak memiliki keistimewaan yang sama, mereka tertindas, dieksploitasi oleh otoritas, terjebak dalam kemiskinan sistemik, atau hanya berusaha mati-matian untuk melarikan diri dari keadaan mereka. Kontras membuat poin ini dengan sangat jelas.

Namun Disco Elysium bukan hanya permainan politik dan pekerjaan detektif yang tangguh. Itu juga membuang banyak kiasan standar interaksi RPG dan menggantinya dengan sistem baru yang menggali jauh ke dalam jiwa karakter Anda. Tidak ada pertempuran untuk dibicarakan setidaknya tidak dalam pengertian konvensional. Ada saat-saat di mana Anda dapat menderita kerusakan pada kesehatan dan moral Anda, dua statistik yang menentukan apakah Anda tetap hidup atau tidak. Misalnya, satu kejadian awal membuat saya menemukan bahwa membaca buku dapat menyebabkan rasa sakit fisik yang nyata. Dan ada beberapa, harus kami katakan, pertemuan yang dimainkan seperti analog pertempuran, kecuali Anda tidak memilih untuk menyerang atau bertahan. Alih-alih Anda memilih dari pilihan tindakan dan dialog, di mana keberhasilan atau kegagalan bergantung pada keterampilan yang Anda prioritaskan dan keberuntungan dadu.

Selama pembuatan karakter, Anda tidak dapat mengubah penampilan fisik polisi tanpa nama Anda. Namun, Anda dapat memberikan poin ke dalam sekelompok keterampilan yang sangat tidak biasa dan menghibur, total 24 di empat kategori besar. Di antara mereka, Drama memungkinkan Anda untuk berbohong dengan meyakinkan sambil juga mendeteksi kebohongan orang lain, sementara Inland Empire, mengacu pada naluri Anda melalui David Lynch; Savoir Faire menilai keahlian Anda dengan perpaduan antara keanggunan dan gaya; sementara Shivers keterampilan favorit saya untuk “mengangkat bulu di leher Anda” dan, pada dasarnya, mendapatkan kesadaran yang lebih besar tentang lingkungan fisik, baik langsung maupun sesekali bermil-mil jauhnya.

Sistem keahlian Disco Elysium sangat orisinal. Seluruh rangkaian mempesona yang dimilikinya berfungsi sebagai eksplorasi menawan ke kehidupan batin karakter Anda dan menggemakan perjalanan penemuan kembali dirinya. Pemeriksaan keterampilan terus dilakukan untuk melihat apakah ada sesuatu yang harus Anda ketahui. Ini bisa sesederhana memeriksa apakah Persepsi Anda berarti Anda memperhatikan objek tertentu. Mungkin Anda melihat atau mendengar kata yang tidak Anda kenali dan keahlian Ensiklopedia Anda menyela untuk memberikan definisi. Mungkin Anda sedang berjalan-jalan dan, Menggigil, mendapatkan pemahaman yang lebih dalam dan lebih puitis tentang tempat Anda di dunia. Ini muncul seperti kotak dialog biasa di tepi kanan layar dan Anda sering dapat melakukan percakapan dengan keahlian Anda, menggali informasi lebih lanjut atau menyuruh mereka untuk menyalurkan, sedikit paduan suara di kepala Anda mengisi kekosongan dan mendorong Anda untuk bertindak. Suara-suara yang saling bersaing ini, yang seringkali tidak beralasan, menghasilkan simulasi yang sangat berhasil tentang cara kerja pikiran.

Keterampilan juga mengganggu selama percakapan dengan karakter lain. Kecepatan Reaksi memungkinkan Anda mengambil frasa yang tidak biasa dan memberi Anda respons tambahan untuk dikejar, membiarkan Anda menemukan petunjuk. Terkadang keterampilan Anda menawarkan pendekatan yang saling bertentangan. Drama mungkin mendesak Anda untuk membuat adegan besar sekarang “Inilah momen Anda!” itu berteriak di telinga Anda tetapi Ketenangan mendorong ke belakang, dengan tenang meminta pengekangan. Suara-suara spesifik yang Anda putuskan untuk didengarkan mungkin dipengaruhi oleh kekuatan Anda dalam setiap keterampilan atau tipe orang yang Anda inginkan. Mereka juga menghubungkan kembali ke bagaimana permainan memakai politiknya, karena banyak hal tidak menyenangkan yang dapat Anda katakan adalah hasil dari pemeriksaan keterampilan yang gagal. Rasanya aneh jika karakter Anda melakukan sesuatu yang tidak Anda inginkan.

Mendukung sistem keterampilan adalah apa yang gim gambarkan sebagai Kabinet Pikiran Anda, semacam peta pikiran yang memetakan pemahaman Anda yang terkumpul tentang dunia. Saat-saat kritis kesadaran akan memungkinkan Anda mengakses pemikiran tertentu, yang kemudian dapat Anda teliti untuk membuka berbagai manfaat. Kesadaran awal bahwa Anda sebenarnya tunawisma memicu pemikiran “Hobocop”. Sementara memikirkan kemungkinan yang sangat kuat daripada saya lebih gelandangan daripada polisi, saya menderita penalti untuk semua pemeriksaan Ketenangan; setelah penelitian saya selesai dan saya telah memutuskan bahwa saya sekarang berkomitmen pada kehidupan batak, saya mendapatkan kembali ketenangan saya dan membawa kemampuan saya untuk menyelam ke tempat sampah ke tingkat yang lebih tinggi. Lebih dari sekadar sistem perk yang terintegrasi mulus, Kabinet Pikiran berhasil memposisikan ulang pengembangan karakter sebagai semacam dekonstruksi intelektual.

Belajar membaca Disco Elysium, melalui apa yang awalnya terasa seperti campur aduk suara-suara yang bersaing, adalah langkah penting pertama untuk menyesuaikan diri Anda dengan jenis pengalaman yang ingin diberikannya. Ini adalah permainan dengan, jujur ​​saja, banyak sekali kata-kata untuk dibaca. Secara harfiah semua yang Anda lakukan, kecuali berjalan dari satu tempat ke tempat lain, disampaikan dan dicapai melalui teks. Ada deskripsi item, percabangan pohon dialog di mana bukan hal yang aneh jika memiliki banyak pilihan pada satu waktu, keterampilan yang menyela dengan pikiran baru dan sisi acak, dan bahkan buku untuk dibaca. Saya tidak dapat memverifikasi klaim pengembang bahwa ada satu juta kata di dalam game, tetapi saya dapat membuktikan bahwa saya menghabiskan sebagian besar dari 50 jam ganjil saya dengan Disco Elysium benar-benar terpesona oleh kata-kata yang dikirimkan kepada saya.

Dan betapa indah, gila, kata-kata yang berani itu. Disco Elysium adalah salah satu game dengan tulisan terbaik yang pernah saya mainkan. Ada kesombongan dan kepercayaan diri di sini yang jarang terlihat. Ada kemampuan ahli untuk beralih dari drama dan intrik ke komedi absurd dan komentar politik yang terarah dalam beberapa kalimat. Satu saat Anda menyadari detail prosedur polisi yang suram, saat berikutnya Anda merenungkan keajaiban metafisik; kemudian, beberapa lelucon yang lucu dan aneh diikuti dengan mantra kerentanan emosional yang benar-benar menyentuh. Mungkin terdengar di seluruh toko, tetapi berhasil karena semuanya sesuai dengan karakter sentral multi-segi yang menarik.

Polisi tanpa nama Anda bisa menjadi menawan, menyinggung, dapat dimengerti bingung, penuh dengan optimisme yang sama sekali tidak diperoleh, bingung, tidak dijaga, atau hanya muak dengan semua yang harus dia tanggung. Pilihan keahlian dan pilihan dialog Anda mendorongnya ke arah ini, tetapi tentu saja kenyataannya dia selalu semuanya. Pria yang “ketiak adalah danau, sabit minuman keras” yang mendahuluinya, saat dia pertama kali diperkenalkan, adalah orang yang sama yang menjilat rum beku dari meja bar, adalah orang yang sama yang, terkunci dalam pelukan lembut dengan orang aneh Wanita, yang bersumpah untuk menyebarkan revolusi komunis yang damai satu pelukan pada satu waktu, adalah pria yang sama yang menghabiskan waktu duduk di ayunan taman bermain, bersiul dengan rekan detektifnya. Massa yang menggeliat dari impuls dan perilaku yang kontradiktif, sebagai manusiawi seperti kita semua.

Disco Elysium adalah kisah detektif yang gila dan luas di mana kasus sebenarnya yang harus Anda selesaikan bukanlah siapa yang membunuh pria yang digantung di pohon di tengah kota meskipun itu sendiri, penuh dengan lusinan tak terduga namun terjalin misteri dan tamasya liar ke dalam yang konyol, cukup mengasyikkan untuk menopang permainan. Sebaliknya, ini adalah penyelidikan gagasan, cara kita berpikir, kekuasaan dan hak istimewa, dan tentang bagaimana kita semua dibentuk, dengan berbagai tingkat otonomi, oleh masyarakat tempat kita berada.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *